Kamis, 18 Februari 2016

Membangun Opini Publik dengan Bergaya Jurnalistik~ PANTAI KLAYAR PACITAN


Tugas bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Membangun Opini Publik dengan Bergaya Jurnalistik

Pantai Klayar pacitan



PANTAI KLAYAR
1.       Pacitan kota kecil yang menyimpan banyak surga terpendam di dalamnya. Ada banyak objek wisata unggulan di kota ini yang memukau para pelancong yang bersinggah di kota pacitan. Tidak heran jika pacitan mendapat Pacitan Paradise of java dan diakui secara internasional. Sayangnya pemerintah kurang memperhatikan fasilitas umum yang dimiliki oleh tempat wisata di Pacitan. Contohnya akses jalan menuju objek wisata yang belum mewadahi,minimnya sarana dan prasarana, pemerintah dalam menjaga keselamatan para wisatawan . sehingga masih banyak kendala yang dialami oleh wisatawan yang berkunjung di kota 1001 goa ini.

2.       Beberapa bulan terakhir  pantai-pantai di pacitan cukup banyak menelan korban akibat kurangnya penjagaan pemerintah terhadap wisatawan luar daerah yang umumnya belum tahu seluk beluk pantai di pacitan yang ombaknya cukup ganas dan membahayakan.

3.       Pantai yang kaya akan eksotisme alami pesona keunikannya, pada hamparan pasir putih yang membentang selayaknya hamparan permadani putih,yang membentang luas di sepanjang pantai dihiasi dengan batu-batuan raksasa yang membentuk selayaknya patung spinx. Begitu juga dengan seruling samudera yang selalu bersiul ketika terkena gulungan ombak yang masuk kecelah bebatuan. Dengan memperhatikan keindahan dan keunikan pantai yang mempesona, maka selayaknya pemerintah harus menggenjot alusista pembangunan dan penambahan fasilitas objek wisata. Supaya wisatawan akan merasa nyaman  dan betah berlama-lama di pantai ini

4.       Tidak hanya di bali atau lombok yang mempunyai pantai dengan suasana yang eksotis, di pesisir samudera hindia juga memiliki salah satu pantai yang menawarkan suasana yang sangat memukau yang bisa dibandingkan dengan keindahan pantai di lombok . pantai yang tidak jauh daripacitan ini dapat menyuguhkan sejuta pesona yang dapat memikat para wisatawan asing. Sayangnya keindahan pantai tersebut tidak didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti kurangnya toilet umum, homestay dan kuliner khas pacitan. Alangkah baiknya jika para pengelola pantai dapat menambah fasilitas-fasilitas tersebut agar para wisatawan dapat mengunjungi pantai itu kembali  dan pemerintah berperan aktif dalam mengembangkan wisata-wisata di pacitan ini.


5.       Dengan keindahan dan keunikan pantai klayar yang begitumemukau, seharusnya pemerintah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan objekwisata harus memikirkan wisata di pantai klayar kedepannya dengan melakukanpromosi dan sosialisasi,dengan begitu setidaknya wisatawan akan mengetahui daningin berkunjung ke pantai klayar, dengan mensosialisasi masysrakat sekitarmaka diharapkan masyarakat dapat mengelola sumber daya alam yang dapatdimanfaatkan untuk kuliner dan kerajinan khas pantai klayar contohny denganmengelola buah kelapa menjadi minuman segar, gula jawa khas klayar dan sofenircantik yang dihasilkan dari pasir putih dan cangkang kerang.

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan saran sangat kami harapkan untuk meningkatkan Layanan kami