Jumat, 04 September 2015

Membuat aplikasi sederhana dengan Netbeans












 rv





































.

Tutorial membuat database dengan ms.acces

Pemrogrman web dinamis





SEKOLAH MENENGAH KEJURUA   NEGERI 1 PACITAN







PORTO FOLIO
MAPEL
:
PeWebDnm
NAMA
:
Riska Vianto
HARI/TGL
:
Selasa, 01/0/2015
ABSEN
:
19
KD
:

KELAS
:
XII RPL
Microsoft Windows [Version 6.1.7600]

Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation.  All rights reserved

Kamis, 03 September 2015

Pengertian Grafika Komputer

GRAFIKA KOMPUTER
·         Pengertian Grafika Komputer
Grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi. Sistem grafika komputer dapat dijalankan dengan komputer pribadi (Personal Computer) atau workstation.
Pengertian grafik berbeda dengan image/citra, image adalah gambar yang diperoleh dengan alat pengambil gambar, sperti kamera, scanner, dll. Sedangkan grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu, yaitu cara yang ada di grafik komputer.

·         Sejarah Grafika Komputer
Sejarah grafika komputer telah dimulai sejak jaman dahulu kala yaitu ketika bangsa Mesir, Roma dan Yunani berkomunikasi secara grafik. Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu :
1.      Fase Pertama : tahun 1950
Merupakan era grafika komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal. Pada tahun 1950 MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode.
2.      Fase Kedua : Dekade 60an
Merupakan zaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktif moderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD.
Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik
-          1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.
-          1963 : ditemukan Sutherland (MIT), Sketchpad (manipulasi langsung, CAD), Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector), Mouse oleh Douglas Englebert
-          1968 : ditemukan Evans & Sutherland
-          1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
-          Pertengahan tahun 60an sejumlah proyek penelitian dan produk computer aided design / munufacturing (CAD / CAM) telah muncul.
3.      Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor industri, pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.

- 1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier
- 1971 : ditemukan Gouraud Shading,
- 1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi computer
- 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger: Keyframe animation and morphing
- 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping
- 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik computer
- 1979 : Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star
-  Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
4.      Fase Keempat : Dekade 80an
Penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan.
Ø  1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
Ø  1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
Ø  1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
Ø  1989 : Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
Pada tahun 90an teknologi model hibrid mulai diperkenalkan, teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan. Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dan lain-lain. Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.
·         Peranan dan Penggunaan Grafika Komputer.
Grafika komputer digunakan dalam berbagai bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan hiburan, sebagi contoh:
-          Antarmuka pengguna – sering setiap aplikasi pada komputer pribadi menggunakan GUI (Graphical User Interface).
-          Pemetaan (Cartography) –Google Map, etc
-          Kesehatan – Untuk perencanaan maupun pelaksanaan pembedahan, CT Scan, etc
-          Computer Aided Design (CAD) – pengguna merancang objek ( mekanik, desain interior, modelling) mengunakan grafika komputer.
-          Sistem Multimedia.
-          Presentasi grafik untuk produksi slides.
-          Sistem paint.
-          Presentasi data statistik.
-          Pendidikan.
-          Hiburan.
·         Sistem Grafika Komputer
Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphics System). Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.  Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
 Penggunan user mengendalikan isi,struktur, dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.
Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif  meliputi: 
-          Masukan  : mouse,tablet,dan stylus,peralatan feedback,scanner,live video stream,dll.
-          Proses & Penyimpanan.
-          Keluaran  : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear, editor, dll.
·         Teknologi Display Komputer Grafik.
Sejak terjadi pengembangan yang pesat dari tahun ke tahun grafik komputer di gunakan sebagai teknologi yang interaktif dalam pengembangan, maupun penggunaannya. sampai sekrang ini komputer grafik dapat di sinkroinkan dengan suara dalam pembelajaran multimedia. Beberapa software yang di gunakan untuk memanipulasi grafik adalah blender, 3D xmax, CorelDraw, Photoshop, Inkscape, Gimp, dll. Penggunaan alat utama untuk menampilkan output pada system grafika adalah video monitor. Operasi pada sebagian besar video monitor berdasarkan  perancanangan Cathode Ray Tube(CRT).
Cathode Ray Tubes (CRT) mampu menampilkan vektor dan raster dan merupakan awal mula di mana teknologi komputer mengunakan user interface untuk kemudahan dengan pengguna. Tidak hanya itu CRT juga merupakan pengembangan awal dari teknologi telev
 by:r.vianto